Friday, August 5, 2011

Cara Menginstall Windows 7 melalui Flashdisk dengan Ubuntu Linux

Beberapa jenis notebook yang type slim saat ini tidak lagi menyertakan DVDROM/RAM dalam produknya, bahkan untuk yang jenis netbook, jangan harap anda dengan mudah menemukan DVDROM pada hampir semua type. Memang notebook atau netbook menjadi lebih ringkas dan lebih ringan, serta awet battery. Namun kadang menjadi petaka saat kita mau melakukan instalasi OS, khususnya OS Windows 7 yang installernya segede gaban itu.

Tapi jangan khawatir, kita bisa menginstall Windows 7 melalui flashdisk, dengan flashdisk minimal berkapasitas 8Gb, kita sudah bisa menginstall Windows 7 ke notebook atau netbook kita. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Siapkan file ISO Windows 7, bisa dibuat sendiri dengan pinjam DVDROM teman, tetangga, orang tua atau siapa saja yang bisa kita pinjam DVDROMnya.

· Install software UltraISO Versi 9.x (untuk versi 8.x tidak bisa dipergunakan)

· Format flashdisk dengan file system NTFS.

· Buka ISO windows 7 dengan Ultra ISO.

· Klik Bootable–>Write Disk Image

· Klik WRITE

· Pilih flash disk yang akan di jadikan sebagai installer.

· Biarkan sampai proses pembuatan Flashdisk ISO selesai, dan biasanya cukup lama, antara 15-30 menit.

· Flashdisk siap digunakan.

· Jangan lupa set booting notebook, netbook, atau PC anda melalui BIOS agar mengarah ke flashdisk.

Setelah anda memperoleh windows7.iso, letakkan di desktop linux anda agar mempermudah dalam pencarian nanti. sebelumnya anda harus menyiapkan flash disk ukuran minimal 8GB, karena di video data windows7.iso berukuran 4GB.

Lalu, klik di menu linux pilih system-administration-GParted, untuk membuat sebuah partisi windows7.iso di flashdisk anda.

Lalu, sorot di sebelah kanan window GParted, klik dan pilih /dev/sdd (7.48GB), klik kanan pilih unmount, tunggu prosesnya hingga dia memunculkan /dev/sdd1 (fat32), selanjutnya klik kanan pada gambar yang bertuliskan /dev/sdd1 7,48GB dan sorot dan pilih format to - ntfs, karena windows 7 hanya menggunakan format ntfs. Setelah operasi selesai, klik tanda centang di tool bar (maka akan muncul Apply operation to device), klik apply.

Maka akan ada operasi penkonversian untuk mengubah format yang semula fat32, diubah menjadi ntfs, dan tunggu hingga proses selesai. jika selesai, klik close.

Selanjutnya klik kanan pada gambar yang bertuliskan /dev/sdd1 7,48GB, lalu pilih manage flags - boot. tunggu proses sampai selesai, jika sudah close / tutup window.

Langkah selanjutnya, klik di menu linux, pilih system tools-UNetBootin. maka akan muncul window UnetBootin.

UNetBootin ini berfungsi untuk menyalin data ke external disk melalui booting. lalu, masukkan flash disk anda ke komputer / laptop anda.

Centang dan pilih iso.file, pilih type USB Drive, centang perintah show all drives (use with care), pilih drive di format /dev/sdd (yang sudah di konversi lewat GParted tadi). Setelah itu, klik browse (...), dan lakukan pencarian file windows7.iso yang anda tempatkan / simpan tadi. jika ditaruh di desktop (menurut video) pilih root-home-timbob-desktop-windows7.iso, klik open.

Maka akan Kembali lagi di window UNetBootin, setelah itu klik ok. dan tunggu hingga proses penyalinan selesai.

Menurut video / gambar di atas, di proses penyalinan (UNetBootin), ada 4 macam proses, yaitu:

1. Downloading files

2. Extracting and copying files

3. Installation Bootloader

4. Installation complete, reboot

Jika selesai, anda bisa memilih perintah reboot now untuk merestart komputer / laptop anda, atau juga pilih exit untuk membatalkan proses reboot. Maka secara otomatis, perpindahan file windows7.iso ke flashdisk selesai.

Untuk menginstal ke laptop / komputer anda, nyalakan komputer / laptop anda terlebih dahulu, dan jangan lupa masukkan flashdisk anda juga ke dalam laptop / komputer anda.

Jika sudah dinyalakan, tangan anda bersiap ke tombol esc, untuk masuk ke program instalasinya. pilih usb stick device, tekan enter. dan akan muncul proses "windows is loading files". tunggu prosesnya hingga masuk ke instalasi program windows7. Jika sudah, Maka gambarnya akan muncul seperti ini, lanjutkan proses instalasinya hingga selesai sesuai petunjuk instalasi windows 7 yang pernah anda baca:

Kesimpulan:

Menginstall Dual booting Windows 7 dan Ubuntu bukanlah tugas yang mudah. Hal ini membutuhkan perhatian terhadap detail dan kesabaran. Dan tidak ada jaminan bahwa ia akan bekerja. Namun, jika Anda mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan menginvestasikan waktu perencanaan setup Anda, Anda akan menikmati pengalaman menyenangkan, bebas masalah dalam menjalankan dua atau lebih sistem operasi yang berdampingan. Lebihnya, bahkan jika anda menemukan kesalahan, anda memiliki pengetahuan yang benar dan alat untuk menyelesaikannya dengan mudah.

No comments:

Post a Comment