Perancangan Sistem Informasi:
Deskripsi Singkat:
Mempelajari perancangan sistem berbasis komputer, mulai identifikasi masalah sampai ke dalam pemodelan yg siap implementasi.
Tujuan: dapat merancang sistem berbasis komputer dengan menggunakan aplikasi pemodelan, seperti: power designer.
DESAIN SISTEM
Dibagi menjadi dua bagian:
1. Desain Sistem Scr. Umum/ General Systems Design, atau disebut conceptual design.
2. Desain Sistem Terinci, atau disebut physical design.
ARTI DESAIN:
1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem
2. Pendefinisian dari kebutuhan fungsional.
3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi
4. Mengambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.
5. Dapat berupa pengambaran, perencanaan & pembuatan sketsa/pengaturan dari beberapa elemen yg terpisah ke dlm satu kesatuan yg utuh & berfungsi.
6. Termasuk menyangkut mengkonfirmasi dari komponen-komponen perangkat lunak & perangkat keras dari suatu sistem
TUJUAN DESAIN
1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem
2. Untuk memberikan gambaran yg jelas & rancang bangun yg lengkap kpd pemrogram komputer & ahli-ahli teknik yg lain, yg terlibat
Cara Membuat proposal tugas proyek perancangan sistem informasi:
1. Judul: Hendaknya singkat & spesifik, tetapi jelas untuk memberi gambaran mengenai sistem yang diusulkan
2. Latar Belakang: Sistem yang diusulkan dilakukan untuk menjawab keingintahuan penulis untuk mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Jelaskan hal2 yg. mendorong pentingnya dilakukan pembuatan sistem. Uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah dalam sistem yang dibahas.
3. Perumusan Masalah: Rumuskan dgn jelas permasalahan yang ingin diteliti. Uraikan pendekatan & konsep untuk menjawab masalah yang diteliti. Dapat dijelaskan = definisi, asumsi, batasan penelitian / masalah. Uraikan perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.
4. Tujuan: Pernyataan singkat mengenai tujuan. Penelitian dapat bertujuan untuk menguraikan, membuktikan, menerapkan konsep atau membuat suatu prototipe.
Bagan Alir (Flowchart)
adalah CHART/bagan yang menunjukkan flow / alir di dalam program / prosedur sistem secara Logika.
PEDOMAN DALAM MEMBUAT FLOWCHART
1. Digambar dari atas ke bawah
2. Kegiatan haru ditunjukkan dengan jelas
3. Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai & dimana akan berakhir
4. Tiap kegiatan digunakan suatu kata yg mewakili suatu pekerjaan
Contohnya : “Hitung gaji “
5. Kegiatan yg. Terpotong & akan disambung di tempat lain, hrs ditunjukkan dgn. simbol penghubung.
6. Gunakan simbol-simbol yg standar.
BAGAN ALIR DOKUMEN (Dokument flowchart)
Disebut bagan alir formulir (Form Flowchart) atau paperwork flowchart, Menunjukkan arus dari laporan & formulir termasuk tembusannya.
DFD
1. Merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang Terstruktur (structured analysis and design )
2. Merupakan dokumentasi dari sistem yang Baik (karena Menggambarkan arus data secara Jelas)
External Entity
External entity pasti memiliki batasan sistem, yg memisahkan suatu sistem dgn lingkungan luarnya. Dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yg. berada di lingkungan luar, sbg. Input / output dari sistem.
Data Flow
Arus data sebaiknya diberikan nama yg. Jelas & mempunyai arti.
Konsep dari arus data:
1. Konsep paket dari data
2. Konsep arus data menyebar
3. Konsep arus data mengumpul
4. Konsep sumber & Tujuan Arus Data : Semua arus data harus dihasilkan dari suatu proses atau menuju ke suatu proses.
Kesalahan Proses di DFD
1. Proses mempunyai input, tetapi tidak menghasilkan output
2. Proses menghasilkan output tetapi tidak pernah menerima input
Bentuk DFD
1. Physical DFD (DADF): Bagaimana proses dari sistem diterapkan
2. Logical DFD (DADL): Proses apa yang terdapat di sistem
DADF
1. Proses manual juga digambarkan
2. Nama dari arus data menunjukkan fakta penerapannya. (harian/Mingguan), contohnya: telp, surat.
3. Simpanan data dpt berupa Non komputer
4. Proses menunjukkan nama dari pemroses ( org, departemen )
DADL
1. Menunjukkan keb. Proses dari sistem yg. Diusulkan scr. Logika
2. Proses yg. Digambarkan scr. Komputer
3. Hemat penggambarannya dibanding DADF
Pedoman dlm menggambar DFD
1. Identifikasikan semua external entity yg. Terlibat di sistem
2. Identifikasi I/O yg. Terlibat dgn external entity
By: Azid Malil'ula Wildan M (10410110014)
Sumber:
http://blog.stikom.edu/lusiani/perancangan-sistem-informasi-prodi-ka/