Sunday, September 8, 2013

Teknik Dokumentasi Aplikasi Chapter 1

1. Definisi
A. Dokumentasi
Pengertian dokumentasi secara teknis yaitu: manual, instruksi, tutorial, prosedur, spesifikasi, dll, yang menyertai sebuah peralatan atau perangkat lunak, dan memberikan bimbingan untuk penggunaan yang tepat dan pemeliharaan suatu proyek.
Dokumentasi dapat dianggap sebagai materi yang tertulis atau sesuatu yang menyediakan informasi tentang suatu subyek. Dokumentasi dapat berisi tentang deskripsi-deskripsi, penjelasan-penjelasan, bagan alir, daftar-daftar, cetakan hasil komputer, contoh-contoh obyek dari sistem informasi.
B. Aplikasi / Softtware (Perangkat Lunak)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Jadi, Aplikasi ini adalah Informasi yang diorganisir dalam bentuk sistem operasi, utilitas, program, dan aplikasi yang memungkinkan komputer untuk bekerja.
Software terdiri dari instruksi hati-hati terorganisir dan kode yang ditulis oleh programmer dalam berbagai bahasa komputer khusus. Software dibagi umum menjadi dua kategori utama: (1) Sistem perangkat lunak: mengontrol dasar (dan terlihat oleh pengguna) fungsi komputer dan datang biasanya diinstal dengan mesin. Lihat juga BIOS dan Sistem Operasi. (2) perangkat lunak Aplikasi: menangani banyak sekali umum dan khusus tugas pengguna ingin melakukan, seperti akuntansi, komunikasi, pengolahan data, pengolah kata.
C. Teknik Dokumentasi Aplikasi
Adalah Software dokumentasi atau kode sumber (source code) dokumentasi teks yang menyertai perangkat lunak komputer tertulis. Itu baik menjelaskan bagaimana ia beroperasi atau bagaimana menggunakannya, dan dapat berarti hal yang berbeda untuk orang-orang dalam peran yang berbeda.
Jadi, Teknik Dokumentasi Aplikasi adalah Informasi yang komprehensif tentang kemampuan, detil desain, fitur, dan keterbatasan dari sistem atau perangkat lunak aplikasi. Ini juga termasuk persyaratan lisensi perangkat lunak, dan datang biasanya sebagai dokumen cetak atau sebagai bagian dari perangkat lunak pada disk atau CD. Juga disebut software manual.
D. Analisa/ Pendapat dari para Ahli
Scott Ambler menggambarkan dokumen perangkat lunak sebagai "setiap artefak eksternal ke kode sumber yang tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi secara terus-menerus" [1], dan model perangkat lunak sebagai "sebuah abstraksi yang menggambarkan satu atau lebih aspek masalah atau solusi potensial mengatasi masalah "[1].
Ambler menggambarkan hubungan antara model, dokumen dan dokumentasi bawah pada Gambar di bawah ini.
clip_image002[4]
Ambler menggambarkan model sebagai artefak sementara yang mungkin atau tidak mungkin diubah menjadi dokumen permanen dan merupakan bagian dari dokumentasi perangkat lunak.
Kami setuju bahwa beberapa artefak, seperti model perangkat lunak, mungkin memiliki umur relatif sementara terhadap artefak lainnya. Namun, persepsi kami adalah model dan dokumen keduanya hanya subset dari gagasan dokumentasi secara keseluruhan. Dokumen tidak perlu artefak permanen dalam sistem perangkat lunak, juga harus semua model sekali pakai. Dokumentasi adalah sebuah abstraksi pengetahuan tentang sistem perangkat lunak dan hanya selama dokumen atau model (atau artefak lainnya) dapat secara efektif mengkomunikasikan pengetahuan apakah itu merupakan bagian dari dokumentasi perangkat lunak proyek, bahkan jika hanya untuk umur pendek. Bahkan, kami juga mengakui bahwa kode sumber itu sendiri adalah salah satu jenis artefak seperti juga menyampaikan pengetahuan tentang sistem perangkat lunak.
2. Tujuan Penggunaan Dokumentasi Aplikasi :
a. Dokumentasi aplikasi harus bertindak sebagai media komunikasi antara anggota
tim pengembangan.
b. Dokumentasi aplikasi harus berupa repositori sistem informasi yang akan digunakan oleh
insinyur pemeliharaan sistem.
c. Dokumentasi aplikasi harus memberikan informasi kepada manajemen untuk membantu mereka merencanakan,
d. anggaran dan jadwal proses pengembangan perangkat lunak.
e. Beberapa dokumen aplikasi harus memberitahu pengguna bagaimana menggunakan dan mengelola sistem.
f. Mempelajari cara mengoperasikan sistem
g. Sebagai bahan pelatihan
h. Dasar pengembangan sistem lebih lanjut
i. Dasar bila akan memodifikasi atau memperbaiki sistem di kemudian hari
j. Materi acuan bagi Auditor
k. Back-up
l. Mempermudah komunikasi di antara sesama pegawai
m. Menghilangkan ketergantungan yang kritis
3. Software Crisis
Adalah Sebuah krisis perangkat lunak adalah ketidaksesuaian antara apa yang perangkat lunak dapat hasilkan dan kapasitas sistem komputer , serta harapan dari pengguna mereka . Ini menjadi masalah yang berkembang di abad ke-20 sebagai komputasi yang tumbuh dengan pesat dan perangkat lunak tidak dapat mengikuti . Sebagai kompleksitas sistem yang tumbuh , begitu juga kebutuhan pengguna , yang mengharapkan kinerja semakin lebih dari perangkat lunak mereka . Pemrogram mungkin berjuang untuk mengikuti , menciptakan krisis perangkat lunak .
Perangkat lunak dari konsumen biasanya bergerak melalui serangkaian lambat fase pengembangan , tetapi membuat sebagian kecil dari volume bisnis di industri . Sebagian besar pengembangan perangkat lunak tenggelam ke dalam sistem untuk aplikasi tertentu. Perangkat lunak ini biasanya memerlukan investasi yang besar dari pelanggan, serta pemrograman yang ekstensif dari personil dituntut dengan mengembangkan , menguji , dan memelihara itu .
Gejala yang paling terlihat dari krisis perangkat lunak:
a. Hasil yang terlambat, lebih dari anggaran
b. Produk tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan
c. dokumentasi yang tidak memadai
d. Perangkat lunak tidak efisien dan kualitasnya rendah
e. Kompleksitas proyek perangkat lunak meningkat sebagai perangkat keras kemampuan meningkat.
f. Perangkat lunak sistem yang lebih besar lebih sulit dan mahal untuk dipertahankan.
g.Permintaan perangkat lunak baru meningkat lebih cepat daripada kemampuan untuk menghasilkan perangkat lunak baru.

Beberapa pengamatan pada krisis perangkat lunak:
Menurut (Booch, hal. 8) adalah Sebuah penyakit yang telah dilakukan pada panjang ini disebut normal, Karena:
a. Persyaratan sistem perangkat lunak target harus bergerak
b. Ada kemungkinan tidak cukupnya pengembang baik di sekitar untuk membuat semua perangkat lunak baru yang diperlukan pengguna
c. Sebagian besar waktu pengembang harus sering didedikasikan untuk pemeliharaan atau pelestarian software geriatri.

By: Azid Malil'ula Wildan M (10410110014)-S1 Komputerisasi Akuntansi

SUMBER PUSTAKA:
1. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=0CDwQFjAC&url=http%3A%2F%2Fftp.gunadarma.ac.id%2Fhandouts%2FS1_Sistem%2520Informasi.1%2FFebriani%2FDOKUMENTASI.doc&ei=bn8uUrjFHYfZrQfN1IH4Dg&usg=AFQjCNGB4DbojQnpncuo1gMpCGwWpqO_vA&sig2=rTodgHd0nSBPATaqhwglpQ&bvm=bv.51773540,d.bmk
2. http://fairuzelsaid.wordpress.com/2012/01/11/perangkat-lunak/
3. www.businessdictionary.com
4. http://www.princeton.edu/~achaney/tmve/wiki100k/docs/Software_documentation.html
5. http://www.wisegeek.com/what-is-a-software-crisis.htm
6. http://www.ics.uci.edu/~ziv/ooad/intro_to_se/tsld010.htm
7. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&ved=0CHwQFjAI&url=http%3A%2F%2Fwww.site.uottawa.ca%2F~tcl%2Fgradtheses%2Faforward%2Faforward_thesis.doc&ei=m4suUvWGOoOErAe89YDwDg&usg=AFQjCNEtr9BruMm07l8xuieI0uas8-lJXg&sig2=kcnONmT8bmJJ2LqyjWohAA&bvm=bv.51773540,d.bmk
8. Software Documentation-Ian Sommerville. Lancaster University, UK
9. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&ved=0CEkQFjAG&url=http%3A%2F%2Fwww.buet.ac.bd%2Fiict%2Fiictcourses%2Fict6010%2Flecture_1.pdf&ei=RJAuUqugI4m4rgfNlYCACg&usg=AFQjCNGmTH9-jZhKdwiNcfjlR_DbIHc5Pw&sig2=3DydQyRGZDHyAUE5e7_sdg&bvm=bv.51773540,d.bmk

No comments:

Post a Comment